Senin, 08 Juli 2013

Cara Membuat Efek Mozaik Pada Foto Menggunakan Photoshop

Pada malam ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat efek mozaik pada foto menggunakan Photoshop, disini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat koleksi gambar dalam satu dokumen ( contact sheet ) lalu memadukan-nya dengan gambar utama sehingga seakan-akan gambar utama merupakan hasil dari susunan ribuat foto yang berbeda.

Hasil Akhir Gambar
Inilah yang akan kita bikin pada tutorial sekarang, untuk melihat ukuran sebenarnya disini.

efek mozaik foto

Ok kita langsung saja, buka program Photoshop kalian

Langkah 1
Langkah pertama adalah membuat folder tempat menyimpan semua foto/gambar yang akan kita buat background mozaik, pastikan kamu membuat duplikat dari foto-foto ini sehingga jika ada kesalahan foto-fotomu tidak rusak semua. Berikutnya kita akan membuat Photoshop action, buka salah satu fotomu dengan Photoshop lalu pilih Window => Actions. Klik menu action di sebelah kanan atas dan pilih New Action. Lebih jelasnya lihat gambar berikut.

tutorial efek mozaik

Langkah 2
Ketika jendela seperti dibawah muncul, klik Record dan semua yang kalian lakukan akan terekam.

tutorial efek mozaik

Langkah 3
Sekarang klik Images => Image Size dan hilangkan tanda check pada Constrain Proportions, tetapi check pada Resample Image. Ketik 1cm pada kolom Width dan Height dan jadikan resolusi 200ppi. Klik OK kemudian simpan gambar. Tutup jendela. Sekarang klik kotak abu-abu pada bagian bawah Action palet untuk menghentikan proses perekaman.

tutorial efek mozaik

Langkah 4
Sekarang ubah Action menjadi Droplet. Sekarang menuju ke File => Automate kemudian pilih Create Droplet. Klik tombol Choose untuk mengatur dimana Droplet akan disimpan, pilih Action yang barusan kamu buat pada pull-down menu Action kemudian klik OK.

tutorial efek mozaik

Langkah 5
Kembali ke folder foto-foto yang telah kamu kumpulkan dan blok semua foto. Sekarang drag semua foto tersebut ke ikon droplet untuk diubah ukurannya menjadi kotak 1cm x 1cm, lebih jelasnya lihat screenshot dibawah. Tunggu beberapa saat.

tutorial efek mozaik

Langkah 6
Setelah semua gambar kita ubah ukurannya, sekarang saatnya mengumpulkan semuanya untuk membuat background mozaik. Ini bisa kita lakukan dengan menggunakan plugin Photoshop yang bernama Contact Sheet II. Tutorial ini saya buat menggunakan Photoshop CS4, jika kamu menggunakan Photoshop seri yang sama kamu bisa dawnload plugin yang dibutuhkan disini: untuk pengguna Windows dan pengguna Mac.
Untuk menggunakannya klik File => Automate => Contact sheet II. Jangan lupa untuk menginstal plugin ini terlebih dahulu.

Contact Sheet II perlu tahu dimana kita menyimpan foto-foto yang ingin kita jadikan contact sheet, maka klik Browse dan tunjukkan dimana kamu menyimpannya. Setelah kamu mengatur lokasi  folder, kita bergeser ke bawah menuju pengaturan Document. Disini saya menggunakan dokumen dengan ukuran 1280px x 800px pada resolusi 200ppi, tetapi kamu bisa tentukan sendiri ukuran yang kamu inginkan. Pastikan opsi Flatten All Layers kamu check. Sekarang menuju ke pengaturan Thumbnails. Isikan seberapa banyak jumlah columns (mendatar) dan rows (menurun) yang kamu butuhkan. Karena foto yang kita gunakan memiliki ukuran persegi 1cm x 1cm maka ini berarti sama dengan perbandingan satu banding satu (lihat pada kolom sebelah kanan, pada contoh perbandingan W dan H adalah 28 banding 28 atau sama dengan satu banding satu). Centang kotak Rotate For The Best Fit dan isikan 0 (nol) pada kotak Vertical dan Horizontal. Ini untuk memastikan tidak ada jarak antar sheet. Tekan OK untuk membuat sheet.

tutorial efek mozaik

Langkah 7
Contact Sheet akan menampilkan sekumpulan thumbnail kecil dan ini juga memberikan gambaran seberapa banyak foto yang kamu gunakan untuk membuatnya. Jika foto-foto yang kamu miliki tidak cukup untuk memenuhi ruang yang kamu inginkan, maka kamu tinggal copy dan paste lalu menyusunnya sampai kebutuhan ruang dokumen kamu terpenuhi.

tutorial efek mozaik

Langkah 8
Buka gambar utamamu dengan Photoshop, tekan Ctrl+A untuk menyeleksi semua kemudian copy dan paste pada dokumen contact sheet yang sudah kamu bikin sebelumya. Untuk tutorial ini saya menggunakan foto saya sendiri, cari foto keren kamu dan jadikan gambar utama. Letakkan layer contact sheet dibawah layer gambar utama lalu ubah blending mode layer gambar utama menjadi Hard Light. Sekarang gambar utama kamu tampak seperti hasil dari susunan ribuan foto dengan warna yang berbeda. 

Hasil Akhir
Setelah mencoba langkah demi langkah pada tutorial ini kalian telah berhasil membuat foto mozaik dengan Photoshop. Kamu bisa bereksperimen sendiri dengan menggunakan gambar utama yang berbeda, mengubah ukuran thumbnail pada contact sheet atau menggunakan blending mode yang lain. File PSD dapat kamu download di bagian akhir artikel ini. Selamat mencoba dan jangan lupa sertakan hasil karyamu pada kotak komentar agar bisa dilihat pembaca yang lain.

tutorial efek mozaik

Download PSD Foto Mozaik
Sekian dan Terima Kasih
Salam PLUR..


Baca SelengkapnyaCara Membuat Efek Mozaik Pada Foto Menggunakan Photoshop

Google Followers

Social Media

Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Stimlash : Tutorial Photoshop, Tips Dan Trik.
Widget by : andi fiqran