Jumat, 05 Juli 2013

Pemandian Alam Air Panas Lejja : Kabupaten Soppeng

:: Berwisata sambil menikmati kehangatan air panas alami langsung dari sumbernya ::

Pemandian Alam air Panas Lejja
Kabupaten Watan Soppeng yang berjarak 200 km di utara kota Makassar menyimpan obyek wisata yang tidak kalah menariknya dengan obyek wisata lainnya di sekitar kota Makassar. Kabupaten Soppeng ini mendapat julukan Kota Kalong karena di kota banyak terdapat ribuan kelelawar bergelantungan di pohon yang berada di kanan kiri jalan kota ini. Ribuan kelelawar tersebut sudah menjadi icon kota ini dan merupakan keunikan tersendiri bagi Watan soppeng. 


Soppeng Kota Kalong
Sejak dahulu kelelawar dalam jumlah banyak telah menghuni kota Watan soppeng dan uniknya mereka hanya mau berdiam / bergelantungan pada pepohonan yang ada di pusat kota. Menjelang malam hari kelelawar-kelelawar ini akan beterbangan mencari makanan di pegunungan dan kembali pada pagi harinya. Konon menurut legenda setempat apabila kelelawar-kelelawar tersebut telah meninggalkan kota Watan soppeng merupakan pertanda akan datangnya musibah. 

Di Kota Kalong ini terdapat wisata air panas dengan nama Pemandian Alam Air Panas Lejja. Pemandian Alam Air Panas Lejja berada di kawasan hutan lindung berbukit dengan panorama yang indah di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, 44 km utara Kota Watansopeng yang merupakan ibukota Kabupaten Watan soppeng. Di tempat ini memiliki sumber air panas dengan suhu mencapai 60 derajat yang di percaya bisa menyembuhkan gatal-gatal dan rematik. Pemandian ini merupakan objek wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Menuju ke arah pemandian air panas Lejja, kamu akan melalui jalan yang berliku, terjal dan suasana khas perbukitan. Pemandian air panas Lejja berada di dalam hutan lindung yang berbukit . Ada baiknya jika kamu ingin berkunjung ke obyek wisata ini menggunakan kendaraan yang remnya bekerja dengan baik walaupun jalanan menuju obyek wisata ini sudah mulus namun harus tetap berhati-hati mengingat kondisi jalannya yang menanjak namun sesekali juga menukik.

Setelah melewati jalanan sempit yang berlekuk, kamu akan sampai di lokasi pemandian air panas Lejja. Untuk dapat memasuki obyek wisata ini kamu diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang untuk dewasa dan Rp. 3.500/orang untuk anak-anak. Dari pintu gerbang, kamu bisa menggunakan kendaran atau berjalan kaki menuruni tangga untuk mencapai lokasi kolam pemandian air panas di sini. Tak usah khawatir kepanasan untuk berjalan kaki menuruni tangga karena terdapat pepohonan besar yang memberikan keteduhan.

Panorama di kolam pemandian air panasnya pun terlihat indah, sejuk dan nyaman yang akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Kamu juga bisa melihat secara langsung sumber mata air panas alami di obyek wisata ini. Melewati barisan aula, kolam besar dan kecil, menuruni tangga ke arah kolam dan menaiki tangga buatan, lalu kamu akan melihat sumber mata air panas alaminya. Di bebatuan di sisi aliran air panas tersebut terdapat banyak sesaji yang diletakkan oleh orang-orang yang mempercayai keberadaan sumber air panas tersebut mempunyai berbagai khasiat. Di pepohonan sekitar sumber air panas ini pun terdapat berbagai botol dan plastik yang bergelantungan. Banyak pengunjung di sini yang mempercayai dengan menggantungkan botol atau plastik di dekat sumber air panas Lejja maka keinginan mereka akan terkabul. Jika keinginan mereka telah terkabul maka mereka akan kembali ke tempat ini untuk melepaskan ikatan botol atau plastik yang mereka gantungkan dan juga sebagai simbol pengikatan hubungan pasangan sejoli yang datang berkunjung ke tempat ini

Sumber Air Panas Lejja
Pemandian air panas Lejja memang terkenal mempunyai air dengan kandungan belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit gatal-gatal ataupun rematik. Di kawasan obyek wisata ini terdapat lima jenis kolam yang dapat digunakan oleh pengunjung dengan tingkatan suhu air yang berbeda-beda :

Kolam pertama merupakan kolam berisi air panas dengan suhu mencapai sekitar 60° Celcius. Telur yang dicelupkan di kolam ini pun bisa menjadi setengah matang.

- Kolam kedua merupakan kolam dangkal yang berisi air hangat. Biasanya banyak dipakai oleh anak-anak atau bagi pengunjung yang belum mahir berenang.

Jenis Kolam Di Lejja
- Kolam ketiga juga berisi air hangat tapi mempunyai kedalaman sebatas leher orang dewasa. Tersedia penyewaan pelampung bagi pengunjung yang belum mahir berenang.

- Kolam keempat berisi air dengan suhu normal dan hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja.

- Kolam kelima berada di sebelah timur dan dilengkapi papan loncatan. Biasanya hanya digunakan pada saat banyak pengunjung saja.

Jenis Kolam Di Lejja
Untuk bersantai, kamu bisa menyewa gazebo dengan tarif sewa Rp. 50.000 per dua jam. Jika belum puas berada di tempat yang hijau, asri, sejuk dan alami ini, kamu bisa menyewa villa yang berada di dalam kawasan obyek wisata ini. Villa di sini berbentuk seperti rumah panggung dengan tarif sewa Rp. 250.000 per 12 jam untuk villa berukuran sedang dan Rp. 500.000 per 12 jam untuk villa berukuran besar. Namun harap diingat ya, jika berencana menginap di villa ini usahakan memesan seminggu sebelumnya karena penginapan di lokasi ini sering penuh terutama saat weekend atau hari libur. Bahkan banyak pula pengunjung yang menyewa villa ini lebih dari sehari.

Fasilitas lain yang terdapat di pemandian air panas Lejja antara lain kamar mandi, air bersih, listrik, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan dengan daya tampung mencapai 300 orang. Cukup lengkap 'kan? Jadi tak ada ruginya mengunjungi pemandian air panas Lejja karena kamu bisa menikmati panorama yang indah dan sejuk, berendam menikmati kehangatan air alam yang membuat rileks.

Sekian untuk info saya mengenai Objek Wisata Pemandian Alam Air Panas lejja yang berada di kampung halaman saya yaitu tepatnya di kabupaten Watan Soppeng. Buat teman-teman yang belum ke lejja cobalah untuk berlibur di pemandian Lejja, saya harap kalian sangat menikmati!

Semoga bermanfaat..
SALAM PLUR


1 komentar:

Google Followers

Social Media

Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Stimlash : Tutorial Photoshop, Tips Dan Trik.
Widget by : andi fiqran