Jumat, 05 Juli 2013

Pemandian Alam Air Panas Lejja : Kabupaten Soppeng

:: Berwisata sambil menikmati kehangatan air panas alami langsung dari sumbernya ::

Pemandian Alam air Panas Lejja
Kabupaten Watan Soppeng yang berjarak 200 km di utara kota Makassar menyimpan obyek wisata yang tidak kalah menariknya dengan obyek wisata lainnya di sekitar kota Makassar. Kabupaten Soppeng ini mendapat julukan Kota Kalong karena di kota banyak terdapat ribuan kelelawar bergelantungan di pohon yang berada di kanan kiri jalan kota ini. Ribuan kelelawar tersebut sudah menjadi icon kota ini dan merupakan keunikan tersendiri bagi Watan soppeng. 


Soppeng Kota Kalong
Sejak dahulu kelelawar dalam jumlah banyak telah menghuni kota Watan soppeng dan uniknya mereka hanya mau berdiam / bergelantungan pada pepohonan yang ada di pusat kota. Menjelang malam hari kelelawar-kelelawar ini akan beterbangan mencari makanan di pegunungan dan kembali pada pagi harinya. Konon menurut legenda setempat apabila kelelawar-kelelawar tersebut telah meninggalkan kota Watan soppeng merupakan pertanda akan datangnya musibah. 

Di Kota Kalong ini terdapat wisata air panas dengan nama Pemandian Alam Air Panas Lejja. Pemandian Alam Air Panas Lejja berada di kawasan hutan lindung berbukit dengan panorama yang indah di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, 44 km utara Kota Watansopeng yang merupakan ibukota Kabupaten Watan soppeng. Di tempat ini memiliki sumber air panas dengan suhu mencapai 60 derajat yang di percaya bisa menyembuhkan gatal-gatal dan rematik. Pemandian ini merupakan objek wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Menuju ke arah pemandian air panas Lejja, kamu akan melalui jalan yang berliku, terjal dan suasana khas perbukitan. Pemandian air panas Lejja berada di dalam hutan lindung yang berbukit . Ada baiknya jika kamu ingin berkunjung ke obyek wisata ini menggunakan kendaraan yang remnya bekerja dengan baik walaupun jalanan menuju obyek wisata ini sudah mulus namun harus tetap berhati-hati mengingat kondisi jalannya yang menanjak namun sesekali juga menukik.

Setelah melewati jalanan sempit yang berlekuk, kamu akan sampai di lokasi pemandian air panas Lejja. Untuk dapat memasuki obyek wisata ini kamu diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang untuk dewasa dan Rp. 3.500/orang untuk anak-anak. Dari pintu gerbang, kamu bisa menggunakan kendaran atau berjalan kaki menuruni tangga untuk mencapai lokasi kolam pemandian air panas di sini. Tak usah khawatir kepanasan untuk berjalan kaki menuruni tangga karena terdapat pepohonan besar yang memberikan keteduhan.

Panorama di kolam pemandian air panasnya pun terlihat indah, sejuk dan nyaman yang akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Kamu juga bisa melihat secara langsung sumber mata air panas alami di obyek wisata ini. Melewati barisan aula, kolam besar dan kecil, menuruni tangga ke arah kolam dan menaiki tangga buatan, lalu kamu akan melihat sumber mata air panas alaminya. Di bebatuan di sisi aliran air panas tersebut terdapat banyak sesaji yang diletakkan oleh orang-orang yang mempercayai keberadaan sumber air panas tersebut mempunyai berbagai khasiat. Di pepohonan sekitar sumber air panas ini pun terdapat berbagai botol dan plastik yang bergelantungan. Banyak pengunjung di sini yang mempercayai dengan menggantungkan botol atau plastik di dekat sumber air panas Lejja maka keinginan mereka akan terkabul. Jika keinginan mereka telah terkabul maka mereka akan kembali ke tempat ini untuk melepaskan ikatan botol atau plastik yang mereka gantungkan dan juga sebagai simbol pengikatan hubungan pasangan sejoli yang datang berkunjung ke tempat ini

Sumber Air Panas Lejja
Pemandian air panas Lejja memang terkenal mempunyai air dengan kandungan belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit gatal-gatal ataupun rematik. Di kawasan obyek wisata ini terdapat lima jenis kolam yang dapat digunakan oleh pengunjung dengan tingkatan suhu air yang berbeda-beda :

Kolam pertama merupakan kolam berisi air panas dengan suhu mencapai sekitar 60° Celcius. Telur yang dicelupkan di kolam ini pun bisa menjadi setengah matang.

- Kolam kedua merupakan kolam dangkal yang berisi air hangat. Biasanya banyak dipakai oleh anak-anak atau bagi pengunjung yang belum mahir berenang.

Jenis Kolam Di Lejja
- Kolam ketiga juga berisi air hangat tapi mempunyai kedalaman sebatas leher orang dewasa. Tersedia penyewaan pelampung bagi pengunjung yang belum mahir berenang.

- Kolam keempat berisi air dengan suhu normal dan hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja.

- Kolam kelima berada di sebelah timur dan dilengkapi papan loncatan. Biasanya hanya digunakan pada saat banyak pengunjung saja.

Jenis Kolam Di Lejja
Untuk bersantai, kamu bisa menyewa gazebo dengan tarif sewa Rp. 50.000 per dua jam. Jika belum puas berada di tempat yang hijau, asri, sejuk dan alami ini, kamu bisa menyewa villa yang berada di dalam kawasan obyek wisata ini. Villa di sini berbentuk seperti rumah panggung dengan tarif sewa Rp. 250.000 per 12 jam untuk villa berukuran sedang dan Rp. 500.000 per 12 jam untuk villa berukuran besar. Namun harap diingat ya, jika berencana menginap di villa ini usahakan memesan seminggu sebelumnya karena penginapan di lokasi ini sering penuh terutama saat weekend atau hari libur. Bahkan banyak pula pengunjung yang menyewa villa ini lebih dari sehari.

Fasilitas lain yang terdapat di pemandian air panas Lejja antara lain kamar mandi, air bersih, listrik, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan dengan daya tampung mencapai 300 orang. Cukup lengkap 'kan? Jadi tak ada ruginya mengunjungi pemandian air panas Lejja karena kamu bisa menikmati panorama yang indah dan sejuk, berendam menikmati kehangatan air alam yang membuat rileks.

Sekian untuk info saya mengenai Objek Wisata Pemandian Alam Air Panas lejja yang berada di kampung halaman saya yaitu tepatnya di kabupaten Watan Soppeng. Buat teman-teman yang belum ke lejja cobalah untuk berlibur di pemandian Lejja, saya harap kalian sangat menikmati!

Semoga bermanfaat..
SALAM PLUR


Baca SelengkapnyaPemandian Alam Air Panas Lejja : Kabupaten Soppeng

Kamis, 04 Juli 2013

Membuat Workspace Futuristik Dengan Photoshop


Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana mendefinisikan kuas, menggunakan benda-benda cerdas dan juga teknik sederhana lain untuk menciptakan ruang kerja yang futuristik seorang wanita bisnis yang tampak lucu.

HASIL GAMBAR AKHIR


Buat dokumen dengan 1000 × 700 pixel. Isi latar belakang dengan Gradient seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Gradient dimulai dengan # 000000 di kiri atas dan # 245574 di kanan bawah.


Buat layer baru dan beri nama sebagai "Lampu Sorot". Menggunakan Brush Tool dengan tepi bulat Lembut dan 600px, cat dua titik putih besar seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Atur Blendding Mode "Lampu Sorot" lapisan untuk Overlay.


Download "GadisPengusaha Muda" dari shutterstock, bisa memakai gambar sendiri masukkan ke dokumen dan tempatkan di atas layer "Lampu Sorot".


Download "Vektor3D Gaya Dunia" dari shutterstock. Buka file dengan Illustrator. Pilih Gaya Dunia dan tekan CTRL + C untuk menyalin. Beralih kembali ke Photoshop dan tekan CTRL + V untuk paste dunia sebagai Smart Object dalam dokumen kerja Anda. Posisikan Gaya Dunia di belakang gadis seperti yang kulakukan di bawah ini.


Klik kanan pada Gaya Dunia dan memilih Rasterize. Pergi ke Filter> Blur> Gaussian Blur dan set radius 2px. Klik kanan pada lapisan Gaya Dunia lagi dan pilih Blending OptionsPeriksa Outer Glow dan input pengaturan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Buat layer baru dan beri nama sebagai "Rings". Membuat bentuk Oval putih seperti yang saya lakukan. Tinggalkan seleksi aktif dengan menekan Ctrl+E di keyboard.


Pergi ke Pilih> Modify> Contract. Set radius menjadi 5px. Tekan DELETE dan Anda mendapatkan cincin.


Atur opacity dari lapisan cincin hingga 20%. Klik kanan di atasnya dan pilih Blending OptionsPeriksa pada Outer Glow dan input pengaturan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Buat lagi Cincin dengan langkah yang sama dan tumpang tindih mereka di belakang gadis itu.


Buat layer baru di atas cincin dan mengubah nama sebagai "Dots Glowing". Menggunakan Brush Tool dan tepi bulat Lembut dengan ukuran 15px, cat titik putih di persimpangan antara cincin.


Buat layer baru dan membuat Bentuk Oval seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Menggunakan alat Eraser Tool dengan ukuran 600px, klik sekali di tengah bentuk Oval. Dan mengatur opacity layer ini menjadi 20%.


Gandakan layer dua kali dan mengurangi ukurannya pada setiap waktu. Stack tiga bentuk oval dengan cara yang sama seperti yang saya lakukan di bawah ini.


Posisikan bentuk Oval belakang gadis itu. Pergi ke Edit> Transform> Free Transform untuk memutar bentuk sekitar 30 derajat searah jarum jam.


Gandakan bentuk Oval lagi. Memperbesar dan kemudian Flip Horizontal.


Sekarang pilih lapisan gadis dan pergi ke Image> Adjustments> Hue / SaturationMengatur saturasi ke -35.


Pergi ke Image> Adjustments> Curves. Di saluran Green, tarik kurva sedikit ke atas sehingga Anda dapat melihat gadis itu berubah sedikit lebih hijau. Lakukan hal yang sama untuk saluran Blue.


Pergi ke Image> Adjustments> LevelsMengatur nilai ke 50, 1, 255.


Klik kanan pada lapisan gadis dan pilih Blending OptionsPeriksa pada Outer Glow dan masukan pengaturan yang ditampilkan di bawah ini.


Buat layer baru dan beri nama sebagai "Cahaya". Menggunakan Brush Tool dengan tepi bulat Lembut dan ukuran 700px, cat cahaya biru di tangan gadis itu.


CTRL + Klik Kiri pada lapisan gadis untuk memuat seleksi-nya. Klik pada layer "Cahaya" dan membuat Layer Mask dengan pilihan tersebut.


Buat dokumen baru ukuran 150 × 150 piksel. Membuat persegi panjang bentuk bulat dengan warna putih.Klik kanan pada bentuk dan pilih Blending Options. Periksa pada Stroke dan mengatur warna menjadi hitam dan ukuran 3px. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh dokumen. Pergi ke Edit> Define Brush PresetIni akan membuat sikat baru dalam Presets Panel Anda.


Sekarang kembali ke dokumen sebelumnya dan membuka Panel BrushMasukkan pengaturan seperti yang ditunjukkan pada screenshot di bawah ini.


Buat layer baru di bawah gadis itu. Ubah nama layer sebagai "Mengambang". Menggunakan sikat yang dibuat pada langkah sebelumnya untuk melukis beberapa kotak bulat di latar belakang.


Buat layer baru di atas lapisan gadis dan membuat lingkaran putih sehingga jarinya adalah di dalamnya.


Cat titik putih di ujung jarinya.


Sekarang adalah waktu untuk mengetik beberapa teks dengan font bitmap. untuk men-download font bitmap keren,kunjungi Dafont.comIngatlah untuk membalik teks secara horizontal sehingga mereka menghadap ke arah gadis itu.


Gandakan layer teks dan pergi ke Filter> Blur Gaussian BlurSet radius menjadi 2px dan tekan OK.


Terakhir, Anda dapat mengulangi langkah-langkah untuk membuat teks lebih di sekitar gadis itu untuk hasil yang lebih baik. Semoga Anda menikmati tutorial ini n bersenang – senang !


Saya harap Anda dapat menghasilkan sesuatu yang mirip.
Ini adalah gambar hasil sederhana memakai foto saya..


Sekian Dan Terima Kasih.
SALAM PLUR..

- Cara Mudah Menghaluskan Wajah Di Photoshop -

Baca SelengkapnyaMembuat Workspace Futuristik Dengan Photoshop

Rabu, 03 Juli 2013

Manipulasi Dari Foto Menjadi Teks Dengan Photoshop

Pernahkah kalian kagum dengan teks yang tersusun menjadi objek tertentu ? misalnya foto kita berubah menjadi sekumpulan teks yang menutupi seluruh gambar kita, tetapi teks tersebut berisi foto gambar kita. Bingung toch..lihat gambar dibawah dari akhir tutorial manipulasi dari foto menjadi teks dengan photoshop!


Bagaimana keren jie,,hehe....
Ok ches sekarang saya akan memberikan tutorialnya dengan langkah2 dan sesingkat-singkatnya.

Langkah 1
Jalankan program Photoshop, buka file gambar yang ingin dijadikan objek. (tekan Ctrl+O di keyboard)
Contoh file gambar yang ingin saya jadikan objek (foto kemenakanq, lucu toch? :-p)


Langkah 2
Klik menu Edit => Devine Pattern...


Langkah 3
Akan muncul kotak dialog Pattern Name, beri nama sesuai selera kalian, kali ini saya memberi nama "faiz.jpg"(sesuai nama kemenakan saya,,hehe..), klik Ok.


Langkah 4
Buat file baru dengan ukuran yang sama kaya gambar objek yang tadi kamu buat (tekan Ctrl+N, atur ukurannya, klik Ok). Klo saya pake ukurannya 640 x 480 pixel (karna dari fotonya ukurannya begitu).


Langkah 5
Kemudian klik Horizontal Type Tool (T).


Langkah 6
Tulis teks terserah kalian pada kanvas tapi kasih penuh, disini saya memakai Font Valken. Kalian juga bisa memakai Font faforitmu, usahakan agar Line Spacing-nya tidak terlalu renggang, caranya : Klik icon Toogle   The  Character and Pallets.


Kemudian atur sesuai dengan gambar berikut;


Tutup jendela tersebut, maka kurang lebih hasilnya kaya begini;


Langkah 7
Klik icon add a layer style yang ada pada tab Layers pilih Pattern Overlay.


Langkah 8
Kemudian akan muncul jendela Layers Style, klik segi tiga terbalik yang ada pada gambar disebelah kanan tulisan Pattern, pilih gambar objek yang tadi kalian jadikan Pattern, kalo punya saya judulnya "faiz.jpg", lalu klik Ok.


Langkah Terakhir
Jangan lupa atur skalanya biar gambarnya pas, atur juga warna backroundnya sesuai selera,,tinggal mainkan saja! kalo sudah pas kurang lebih hasilnya pasti kaya begini;


Selamat Mencoba Ces,, semoga bermanfaat.
Terima Kasih..
SALAM PLUR


Baca SelengkapnyaManipulasi Dari Foto Menjadi Teks Dengan Photoshop

Selasa, 02 Juli 2013

Tutorial Photoshop : Berkreasi Dengan Foto Biar Lebih Keren

Selamat malam semua Sobat Plur, sekarang saya akan posting tutorial membuat foto menjadi lebih keren.. Foto editing tidak cuma make up atau makeover sebuah foto, tapi juga berkreasi bagai mana biar foto kita tambah keren. Contoh seperti gambar di bawah !


Ok ches kita langsung ke langkah2-nya, simak baik-baik;

1. Jalankan program Photoshop kalian, pilih file gambar yang mau di edit.


2. Gunakan Rounded Rectangle Tool, atur settingan seperti gambar dibawah nach;


3. Sambil menekan Alt + Shift di keyboard, geser kotak pertama ke kanan untuk mendapatkan kotak yang kedua.


4. Teruskan sampai ke samping kanan. Sekarang Blok semua kotak Rounded Rectangle Tool.


5. Dengan cara yang sama / sambil menekan Alt + Shift di keyboard, drag ke bawah. Kasi penuh gambar dengan kotak.


6. Dibagian bawah gambar terlihat lebih, cropping sedikit pake Crop Tool supaya tidak kelihatan renggang.


7. Tekan huruf A di keyboard atau pilih Path Selection Tool, terus klik kanan Make Selection. Feather radius => 0 kemudian klik Ok.


8. Setelah terseleksi klik Select  => Inverse, lalu tekan delete di keyboard.


9. Sekarang pilih Menu => Select => Inverse sekali lagi.. Lalu buat layer baru.. Gunakan Brush Tool untuk mewarnai.


10. Warnai juga kotak yang di bawahnya.. Sesuaikan selera kalian saja. terus jangan lupa ubah layer style menjadi Multiply dan Opacity-nya set ke 50%.


Akhirnya akan seperti ini;


Bagai mana ches,, gampang jie toch..
Selamat mencoba dan berkreasi, semoga bermanfaat.

Sekian dan terima Kasih
SALAM PLUR


Baca SelengkapnyaTutorial Photoshop : Berkreasi Dengan Foto Biar Lebih Keren

Google Followers

Social Media

Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Stimlash : Tutorial Photoshop, Tips Dan Trik.
Widget by : andi fiqran